Surprise Gift

Pernahkah Sahabat menerima kejutan , misalkan kenaikan gaji atau promosi mendadak? Atau menerima hadiah yang tak diduga-duga? Atau kejutan-kejutan yang lain?

Pertanyaan yang lain : Pernahkah Sahabat memberikan kejutan untuk orang lain? Memberikan suatu hadiah yang tak terduga, dengan tulus ikhlas? Memberikan sesuatu yang tidak disangka-sangka? Tidak harus sesuatu yang mahal, tidak harus sesuatu yang mewah. Barang yang bagi kita kurang bernilai, mungkin dapat memberikan manfaat yang besar bagi orang lain.

Cerita ini, bukan bermaksud riya', namun sekedar mangajak Sahabat sekalian untuk mengikuti perlombaan . Berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Fastabiqul khoirot.

Sesuatu yang tidak pernah saya perkirakan efeknya sebelumnya. Ketika itu, sewaktu masih kuliah, saya sering bepergian ke Bandung. Seperti biasa rute saya, Stasiun Bandung-Parahiyangan Plaza naik becak. Saya lupa tarifnya waktu itu, seingat saya tidak sampai 5000 rupiah. Setelah sampai Parahiyangan Plaza, saya mengeluarkan uang, untuk membayar. Karena gak ada uang kecil saya bayar dengan uang 50.000 an.

Entah malaikat apa yang lewat (biasanya setan lewat yang disebut-sebut, kali ini malaikat deh),
saya berkata pada Bapak Tukang Becak itu "Ambil saja kembaliannya, Pak". Tak disangka-sangka, Bapak Tukang Becak itu mencium tangan saya sambil menitikkan air mata. Saya tidak mengira reaksinya akan seperti itu. Saya baru sadar kalau uang 50.000 tersebut pastilah sangat berharga bagi beliau. Uang 50.000 adalah jumlah yang cukup besar buat saya, namun tidak akan membuat saya menitikkan air mata, apabila ada yang memberi uang sejumlah itu kepada saya. Saya hanya bisa terdiam, lalu pelan-pelan meninggalkan beliau.

Allah telah memberi kita rejeki yang berlimpah. Kesempatan yang diberikan pada saya untuk berbagi di blog ini, merupakan rejeki yang harus disyukuri. Kemampuan jari-jari saya untuk mengetik, merupakan anugerah yang hebat. Kemampuan Sahabat sekalian untuk membaca blog ini pun, merupakan pemberian yang tak ternilai harganya. Karena itu, masihkah kita berpikir panjang untuk berbagi pada sesama? Untuk memberikan kejutan yang membahagiakan? Untuk memberikan Surprise Gift?

Dengan memberi, kita akan menjadi lebih bersyukur, mensyukuri apa yang telah kita terima selama ini. Cobalah wahai Sahabat. Marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan.


Recommended book : An Introduction of The Miracle of Giving karangan Ust. Yusuf Mansyur.

0 comments: